Jumat, 07 November 2008

Citra Mahasiswa dalam Masyarakat

Ketika kita melihat apa yang telah dilakukan oleh para mahasiswa yang lebih suka tawuran daripada belajar ahir-ahir ini, mungkin kita sebagai mahasiswa merasa malu. Kita sendiri tahu kalau mahasiswa yang digadang-gadang sebagai penerus masa depan hanya bisa membuat kekacauan belaka. Sepertinya citra mahasiswa lambat laun akan dicap sebagai komunitas yang hanya pandai tawuran, demo, dll.
Tidak hanya citra mahasiswa saja yang buruk, bahkan masyarakat tentu berfikiran kalau kampus tersebut sudah tidak bisa lagi diandalkan lagi dalam mendidik mahasiswa. Sehingga nama baik kampus yang bersangkutan akan ikut menjadi jelek. Hal tersebut justru akan menimbulkan dampak tersendiri yang pasti merugikan kampusnya.
Seperti yang terjadi di jakarta, para mahasiswa selalu tawuran antar kampus, dan mereka tidak tahu apa yang mereka ributkan. Selain itu juga, seperti yang dilakukan di makasar, mereka malah tawuran dalam lingkungan kampus mereka sendiri. Dan anehnya mereka satu kampus, hanya berbeda Fakultas saja.
Harusnya mereka belajar untuk mencapai apa yang mereka cita-citakan, tapi malah mereka mengalih fungsikan tas yang seharusnya untuk membawa buku diganti dengan batu, golok, apnah, bahkan senjata api rakitan. Sangat memprihatinkan sekali apa yang telah terjadi pada diri mahasiswa saat ini.
Kita pasti merasa kangen dengan aksi-aksi solidaritas mereka dalam menyampaikan aspirasi rakyat yang terjajah oleh kemiskinan, naiknya harga sembako, BBM, dan menuntut para koruptor untuk diadili. Kita juga menginginkan bahwa mahasiswa bisa kembali menjadi komunitas nomor satu dalam melengserkan rezim-rezim yang terjadi di negara ini, sepertiyang telah dilakukan pada masa Soeharto.
Tentu dalam hati kita selalu bertanya-tanya, apakah para mahasiswa akan mampu mengemban tugas dalam suatu negara jika latar belakang mereka saat ini hanya senang tawuran, dan tidak mengikuti pelajaran yang seharusnya mereka dapatkan sebagai mahasiswa. Mungkinkah para pejabat yang tersandung kasus-kasus korupsi, dll dulunya hanya sebagai mahasiswa seperti itu juga..........???????????
Kita sebagai mahasiswa harusnya bisa membalikan citra baik kita sebagai mahasiswa di kalangan masyarakat umum, jadikanlah kampus menjadi batu loncatan dalam mencapai cita-cita yng kita inginkan.Kita harus bisa mengubah prilaku kita sebagai mahasiswa yang bisa menjadi tulang punggung negara untuk mas depan, sehingga kita tdak hanya idcap sebagai ahli dalam tawuran, serta perusak fasilitas umum saja.

1 komentar:

coratcoret mengatakan...

fuck u man.....!!!!