Senin, 19 Januari 2009

SIAPAKAH PEMIMPIN YANG LAYAK PADA TAHUN 2009-2014...????

Pemilihan Umum yang akan diselenggarakan pada pertengahan tahun ini sepertinya tidak semeriah dibanding pada tahun-tahun sebelumnya, hal ini bisa kita lihat dengan kurang antusiasnya respon dari masyarakat yang akan memilih. Mungkin mereka telah jenuh dengan kenyataan yang terjadi tidak seperti yang mereka inginkan.
Memang partai yang ikut dalam berpartisipasi di Pemilihan Umum ini relatif banyak, tapi bukan berarti calon yang mereka ajukan juga banyak, karena mereka biasanya lebih senang berkoalisi dengan yang sejalan dengannya. Hal ini bukanlah suatu fenomena yang baru dalam perpolitikan diseluruh dunia.
Saat ini telah muncul beberapa kandidat yang akan memimpin negeri ini dalam jangka lima tahun, diantaranya presiden kita saat ini yakni Susilo Bambang Yudoyono, Megawati, Prabowo, Rizal Ramli, sampai Hamengkubuwono. Dan tidak bisa kita pungkiri akan muncul lagi kandidat-kandidat lainnya yang akan menyusul.
Dari sederet kandidat yang ada, kita mungkin akan mempunyai kandidat yang berbeda. Jadi pertanyaan yang muncul dari dalam hati kita adalah siapakah kandidat yang layak memimpin Negara kita ini selama lima tahun mendatang…??. Karena saat ini belum ada kandidat yang mempunyai pengalaman lebih dalam memimpin negeri ini. Kalaupun ada sepertinya mereka belum sepenuhnya berhasil dalam memimpin Negara ini.
Bagi masyarakat awam, pemimpin yang baik adalah yang sanggup memakmurkan mereka dan tidak macam-macam. Tapi akan sangat sulit mencari seorang kandidat yang seperti itu, karena setiap pemimpin tentu mempunyai visi dan misi yang berbeda-beda walaupun pada akhirnya juga sama dalam tujuannya.
Saat ini belum ada calon presiden yang mempunyai kharisma dan wibawa yang sangat tinggi selepas Ir.Soekarno, tentu ini adalah masalah yang sangat pelik dalam negeri ini. Dan kendala ini sangat berdampak tidak baik dalam hal memimpin. Karena pemimpin adalah panutan dalam bertingkah laku dikehidupan sehari-hari.
Kita tidak bisa menebak siapa yang berhak dalam memimpin negeri ini, karena semua itu bergantung dalam hasil akhir ketika diadakannya pemilihan umum. Yang bisa kita lakukan saat ini adalah mencari pemimpin yang bisa mengendalikan stabilitas ekonomi dengan baik. Karena saat ini permasalahan yang sangat sentral adalah masalah ekonomi dengan tidak mengenyampingkan masalah-masalah yang lainnya.
Kita saat ini hanya bisa berharap akan ada pemimpin yang bisa memimpin negeri ini dengan baik dan bisa menjalankan sebagian besar keinginan masyarakat. Hal terpenting yang diinginkan masyarakat adalah kemakmuran serta tidak memandang siapa yang memimpin. Karena yang masyarakat tahu hanyalah kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari.
Inilah saatnya bagi para kandidat prersiden dalam membuktikan bahwa dirinya sangat layak dalam memimpin Negara ini dengan meyakinkan masyarakat bahwa dirinyalah yang sanggup dalam mengubah negera ini menjadi lebih maju dengan baik. Karena kinerja mereka sangat berpengaruh dalam maju atau mundurnya suatu Negara.

Tidak ada komentar: